Rabu, 21 Februari 2018

SPK (Sistem Pendukung Keputusan)

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat (Turban, 2001).
SPK bertujuan untuk menyediakan informasi, membimbing, memberikan prediksi serta mengarahkan kepada pengguna informasi agar dapat melakukan pengambilan keputusan dengan lebih baik.
SPK merupakan implementasi teori-teori pengambilan keputusan yang telah diperkenalkan oleh ilmu-ilmu seperti operation research dan menegement science, hanya bedanya adalah bahwa jika dahulu untuk mencari penyelesaian masalah yang dihadapi harus dilakukan perhitungan iterasi secara manual (biasanya untuk mencari nilai minimum, maksimum, atau optimum), saat ini computer PC telah menawarkan kemampuannya untuk menyelesaikan persoalan yang sama dalam waktu relatif singkat.
Sprague dan Watson mendefinisikan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) sebagai sistem yang memiliki lima karakteristik utama yaitu (Sprague et.al, 1993):
  1. Sistem yang berbasis komputer.
  2. Dipergunakan untuk membantu para pengambil keputusan
  3. Untuk memecahkan masalah-masalah rumit yang mustahil dilakukan dengan kalkulasi manual
  4. Melalui cara simulasi yang interaktif
  5. Dimana data dan model analisis sebaai komponen utama.

Komponen Sistem Pendukung Keputusan

Secara umum Sistem Pendukung Keputusan dibangun oleh tiga komponen besar yaitu database Management, Model Base dan Software System/User Interface. Komponen SPK tersebut dapat digambarkan seperti gambar di bawah ini.
Komponen spk
Komponen Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

a. Database Management

Merupakan subsistem data yang terorganisasi dalam suatu basis data. Data yang merupakan suatu sistem pendukung keputusan dapat berasal dari luar maupun dalam lingkungan. Untuk keperluan SPK, diperlukan data yang relevan dengan permasalahan yang hendak dipecahkan melalui simulasi.

b. Model Base

Merupakan suatu model yang merepresentasikan permasalahan kedalam format kuantitatif (model matematika sebagai contohnya) sebagai dasar simulasi atau pengambilan keputusan, termasuk didalamnya tujuan dari permaslahan (objektif), komponen-komponen terkait, batasan-batasan yang ada (constraints), dan hal-hal terkait lainnya. Model Base memungkinkan pengambil keputusan menganalisa secara utuh dengan mengembangkan dan membandingkan solusi alternatif.

c. User Interfase / Pengelolaan Dialog

Terkadang disebut sebagai subsistem dialog, merupakan penggabungan antara dua komponen sebelumnya yaitu Database Management dan Model Base yang disatukan dalam komponen ketiga (user interface), setelah sebelumnya dipresentasikan dalam bentuk model yang dimengerti computer. User Interface menampilkan keluaran sistem bagi pemakai dan menerima masukan dari pemakai kedalam Sistem Pendukung Keputusan.

Manfaat Sistem Pendukung Keputusan

SPK dapat memberikan berbagai manfaat dan keuntungan. Manfaat yang dapat diambil dari SPK adalah :
  1. SPK memperluas kemampuan pengambil keputusan dalam memproses data / informasi bagi pemakainya.
  2. SPK membantu pengambil keputusan untuk memecahkan masalah terutama barbagai masalah yang sangat kompleks dan tidak terstruktur.
  3. SPK dapat menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan.
  4. Walaupun suatu SPK mungkin saja tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pengambil keputusan, namun dia dapat menjadi stimulan bagi pengambil keputusan dalam memahami persoalannya,karena mampu menyajikan berbagai alternatif pemecahan.
Karakteristik SPK
         Adaptability
         Flexibility
         User friendly
         Support Intelligence, design, choice
         Effectiveness
Tiga Tingkat Teknologi SPK
  1. Spesific DSS
Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/ sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitis terhadap suatu masalah tertentu.
  1. DSS Generator
Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat dan mudah membuat specific DSS
  1. DSS Tools
Hardware /software yang membantu pembuatan specific DSS/Generator DSS
Manfaat SPK
         Meningkatkan jumlah alternatif yang dipilih
         Pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
         Respon yang cepat terhadap situasi yang tidak diharapkan.
         Kontrol yang lebih baik
Komponen Arsitektur SPK
  1. Komponen Data
         Sumber data
         Kontribusi vendor
  1. Komponen Dialog
         Knowledge Base
         Bahasa Tindakan
         Bahasa Representasi
  1. Komponen Model
         Model Optimasi
         Model Deskriptif
         Model Probabilistik
         Model Deterministik
Perbedaan SIM, SPK, EDP
  1. SIM
         Fokus pada pengorganisasian informasi dari perusahaan
         Alur informasi terstruktur
         Aktifitas : tanya jawab & penyusunan laporan
  1. SPK
         Mengkhususkan pada pengambilan dari pada manajer tingkat atas.
         Menekankan pada fleksibilitas, adaptibilitas dan mampu memberi respon dengan cepat.
         User memiliki kontrol penuh dalam berinteraksi
Posisi SPK dalam Struktur Permasalahan (Peter G.Keen dan Scott Morton) :
SPK
Komponen SPK :
  1. Dialog Management, yaitu komponen untuk berdialog dengan pemakai sistem
  2. Model Management, yaitu komponen yang merubah data menjadi informasi yang relevan. Model yang banyak digunakan biasanya model matematik optimasi.
  3. Data Management, komponen basis data yang terdiri dari semua basis data yang dapat diakses.
  4. Sistem Penunjang keputusan
SPK Berbasis Model (Alter):
Model SPK
SPK Berbasis Data
  • On Line Analytical Processing (OLAP)
  • Basis data lengkap, memiliki kemampuan mengambil data online (DBMS+query)
  • Associaton : hubungan antara 2 variabel
  • Classification/clustering : klasifikasi beberapa ilai dalam kelompok tertentu
  • Forecasting : prediksi masa depan menggunakan seri waktu dan historis.
  • Data Mining : teknik yang menentukan pola & hubungan antar item-item data di data warehouse
  • Data Warehouse : salinan dari data dalam bentuk basis data yang terintegrasi
  • Datamart : salinan dari sebagian porsi basis data yang terintegrasi
  • Macam-macam informasi dalam datamining :
Posisi SPK dilihat dari Berbagai Dimensi
Posisi Spk
Tingkatan Teknologi
  1. SPK Khusus (Specific DSS): “aplikasi SPK” berupa s/w dan h/w yang memungkinkan pembuat keputusan tertentu atau kelompok pembuat keputusan berhubugan dengan set masalah terkait.
  1. Pembangkit SPK (Generator DSS) : paket SPK berupa h/w dan s/w yang berkaitan dan memberikan set kemampuan guna menciptakan SPK Khusus secara cepat dan mudah. Contoh : EIS
Perlengkapan SPK (DSS Tools) : elemen h/w atau s/w yang memudahkan pengembangan SPK Khusus atau Pembangkit SPKK.
DSS TOOL
Tingkatan Teknologi dan Peran Pengembangan dan Pengoperasian SPK
dss spk
  • Manajer (user) : orang yang dihadapkan dengan masalah atau keputusan
  • Intermediary (perantara) : orang yang membantu manajer (bisa sebagai asisten, clerk) yang dapat memberikan saran kepada manajer
  • Pembuat DSS : fasilitator yang diperlukan generator DSS untuk mengkonfigurasi DSS spesifik.
  • Penunjang teknis : mengembangkan kemampuan sistem informasi tambahan yang diperlukan oleh DSS Generator
  • Toolsmith (pembuat komponen) : mengembangkan teknologi baru, bahasa baru, s/w baru dan meningkatkan efisiensi hubungan antar subsistem.
Cara Pengembangan SPK 
  • Desain Kreatif : perkembangan sistem (analisis – desain – konstruksi – implementasi) dilakukan secara terus menerus dan berulang-ulang (biasanya meliputi DSS Generator dan DSS Specific), dimana manajer dan pembuat sistem bekerjasama sejak sistem tersebut dibuat.
  • Sistem Adaptif : sistem dapat beradaptasi dengan baik pada tiga tingkat teknologi, pengoperasian partisipan dan pengadaptasian teknologi terhadap perubahan yang terjadi sepanjang waktu.
SPK dilihat dari sudut pandang :
  • Manajer : lebih diarahkan pada tujuan kinerja dari SPK
  • Pembangun : lebih diarahkan pada kemapuan teknis
tHE dss
Komponen SPK
Subsitem Data
Komponen spk_2
Subsitem Model
Subsistem model

Tidak ada komentar:

Posting Komentar